√ Apakah Bisa Mendorong Bumi Keluar Dari Tata Surya Seperti Film Wandering Earth? - Musoffa Asad

Apakah Bisa Mendorong Bumi Keluar Dari Tata Surya Seperti Film Wandering Earth?

Film The Wandering Earth adalah film fiksi ilmiah yang menceritakan tentang fase akhir kehidupan dari bintang kita yaitu matahari.

Karena itulah dalam film ini diceritakan bahwa manusia berbondong bondong untuk menyelamatkan bumi dari kehancuran ini dengan cara membuat mesin pendorong yang berguna untuk mengubah rotasi dan gerak bumi dari jalur yang semestinya.

Namun yang sering menjadi pertanyaan adalah Apakah di dunia nyata hal semacam ini bisa untuk dilakukan? bisakah kita mendorong bumi keluar dari sistem tata surya sebagaimana yang diceritakan dalam film Wandering Earth? Penasaran? Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Apakah Bisa Mendorong Bumi Keluar Dari Tata Surya Seperti Film Wandering Earth?

Selayaknya Film Wandering Earth yang berkisah tentang perjalanan manusia mendorong planet bumi dikarenakan keadaan matahari yang memburuk. Apakah hal tersebut dapat dilakukan oleh umat manusia didunia nyata?

Secara singkatnya Jawabannya adalah tidak bisa. Hal semacam itu hanya dapat kita jumpai saja dalam cerita fiksi ilmiah kalau harus dilakukan di kehidupan nyata rasanya akan sangat tidak mungkin atau bahkan mustahil.

Namun Meskipun begitu ada juga sebuah cara yang secara teoretis dapat dilakukan, namun itupun planet bumi hanya akan dapat dipindahkan dari orbitnya melalui adanya reaksi objek antara bintang besar jika terbang melalui ruang antar bintang dan masuk ke tata surya kita kemudian melintas di dekat bumi.

Jika ada pertemuan ini, bumi dan objek tersebut akan bertukar energi dan momentum kemudian membuat orbit bumi akan terganggu. Nah jika objek asing itu bergerak cepat masif dan cukup dekat dengan bumi, maka objek itu akan bisa membuat bumi melarikan diri dari orbit dan keluar dari tata surya ini.

Kemudian selain itu tadi jika matahari bertemu dekat dengan bintang lain, maka interaksi gravitasi dari kedua bintang juga akan dapat mengganggu orbit planet dan tentu saja juga dapat berpotensi menyebabkan bumi bergerak

Menariknya meskipun hal ini sangat ragukan dapat terjadi, namun dimasa mendatang hal ini diperkirakan akan terjadi di tata surya ini.

Bintang bernama Gliese 710 diperkirakan akan datang cukup dekat di wilayah tata surya ini dalam kurun waktu sekitar 1jt tahun mendatang. Jadi dimasa mendatang, kejadian seperti yang saya jelaskan tadi mungkin akan benar-benar terjadi.

Nah kurang lebih begitulah secara teoretis bumi akan dapat meluncur keluar dari tata surya ini dan kalaupun itu terjadi maka jangan harap akan terjadi sebuah perjalanan yang menyenangkan selayaknya dalam sebuah film.

Nah kemudian diluar itu tadi dapatkah manusia membangun mesin yang mampu menggeser planet sehingga membuatnya dapat menonjol selayaknya film wandering Earth?

Jadi energi yang dibutuhkan untuk dapat mengeluarkan bumi dari orbitnya serta tata surya ini akan sangat besar.

Bahkan menurut para ilmuwan dibutuhkan hingga 1 Sekstiliun bom nuklir yang meledak sekaligus untuk dapat mencapai energi ini dan tampaknya ini akan tidak mungkin dapat dilakukan oleh umat manusia.

Tapi semisal memang umat manusia pada akhirnya bisa melakukan hal mustahil ini, maka apa yang akan terjadi jika bumi melepaskan dari tata surya? Yang pasti jika bumi keluar dari sistem tata surya, bumi akan menjadi planet pengembara dan akan terbang ke ruang antarbintang sampai ditangkap atau ditelan oleh bintang lain atau bahkan lubang hitam.

Selain itu jika bumi dapat terus bertahan dan mengembara di luar angkasa, maka kehidupan pun tidak akan dapat dipertahankan. dengan keadaan bumi yang keluar dari tata surya iklim global bumi akan sangat rapuh dan membuat suhu akan segera berubah secara dramatis.

Sebagian besar kehidupan di bumi tidak akan selamat dari perjalanan bumi saat keluar dari tata surya ini. diperkirakan seluruh kehidupan seperti yang sudah kita kenal akan menghilang karena hampir semua energi yang digunakan oleh organisme hidup di bumi berasal dari matahari, baik secara langsung ataupun tidak langsung

Semakin jauh bumi dan matahari maka semakin suhunya dan pada akhirnya bumi akan membeku keseluruhannya. satu-satunya sumber panas alami yang tersisa adalah peluruhan unsur radioaktif di bumi, dengan keadaan ini beberapa kehidupan mungkin akan dapat bertahan, tetapi pada akhirnya juga akan hancur.

Beberapa extremophiles mungkin akan dapat bertahan tetapi kehidupan yang kompleks kemungkinan akan hilang seluruhnya. Panas radioaktif yang tersisa hanya akan memungkinkan bumi untuk mempertahankan suhu sekitar – 230 Celcius pada suhu ini tentu sebagian atmosfer akan membeku dan meninggalkan bumi sebagai dunia es yang mati meluncur diantara kegelapan dalam semesta yang sangat luas.

Nah sudah tahu sendiri kan mendorong bumi untuk keluar orbit sampai ke luar tata surya ini bukanlah sebuah skenario yang bagus.

Dari semua Penjelasan diatas kemudian jika kita semua lihat jauh ke masa depan kemungkinan besar tata surya kita ini pada akhirnya juga akan sangat terganggu sehingga bumi akan tersingkir atau bahkan akan hancur seluruhnya

Hal itu disebabkan karena seperti sudah kita ketahui bersama, para ilmuwan memperkirakan bahwa galaksi kita akan bertabrakan dengan galaksi Andromeda dalam waktu sekitar 4,5 milyar tahun lagi.

Dalam kejadian itu tabrakan dari seluruh formasi bintang di galaksi kemungkinan akan menyebabkan gangguan besar di tata surya kita. dan selain itu matahari sendiri dalam sekitar 5 miliar tahun kedepan atau lebih akan mengalami siklus akhir kehidupannya dan membengkak sehingga akan menelan bumi dan membuatnya hancur berkeping-keping.

Jadi yang pasti tanpa harus membuat skenario untuk memindahkan bumi dan membuat dampak yang mengerikan, pada masa mendatang bumi dan sistem tata surya pun juga akan hancur dengan sendirinya.

Dan tentu semua hal itu tadi bukan sesuatu yang harus kita kawatirkan selama beberapa miliar tahun kedepan, karena Itupun kalau kita masih ada.

Itu saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat memberikan pengetahuan baru Seputar Dunia astronomi sekaligus hiburan untuk anda semua.

Tinggalkan komentar