√ Cara Mengatasi Error Sitemap Pada Domain MY.ID

Cara Mengatasi Error Sitemap Pada Domain MY.ID

Cara Mengatasi Error Sitemap Pada Domain MY.ID – Akhir akhir ini banyak sekali para blogger pemula yang mengeluh karena domain my.id error ketika di submit ke Google Search Console.

Bagi kalian pengguna domain my.id pasti memiliki keluhan yang sama, yakni terdapat error di google search console dengan keterangnan tidak dapat mengambil peta situs.

Saat ini domain my.id masih belum bisa untuk melakukan submit sitemap.xml ke Google Search Console.

Saya pribadi penasaran dan kemudian mencoba melakukan eksperimen dengan membeli beberapa domain my.id dan alangkah terkejutnya saat saya coba submit sitemap domain my.id malah error.

sitemap my.id error

Tak hanya di blogspot, saya mencoba menggunakan platform WordPress juga demikian. Dan memang bener, teman-teman blogger yang lainnya juga menyampaikan keluhan yang sama di beberapa forum termasuk facebook yaitu domain my.id tidak bisa submit sitemap ke Google Search Console.

Jika kita mencoba submit sitemap.xml ke Google Search Console akan terdapat pesan Tidak dapat mengambil peta situs seperti foto diatas, yang mana file dari sitemap dari domain my.id ini tidak dapat terbaca oleh Google Search Console.

Padahal nih, file sitemap ini dapat diakses dengan baik lho, berikut tampilannya.

sitemap my.id

Permasalahan seperti ini bukan hanya terjadi pada situs atau blog kita saja, melainkan ada semacam permasalahan pada server Google yang tidak bisa membaca isi dari file sitemap.xml kita.

Dari beberapa sumber ada yang mengatakan bahwa domain my.id ini sering digunakan sebagai spam oleh karenanya terjadilah apa yang terjadi saat ini.

Saya tidak berani untuk mengatakan itu benar sih, karena memang dari Google sendiri tidak ada keterangan yang jelas mengenai masalah seperti ini.

Kita hanya bisa menunggu sampai tim developer Google sendiri yang memperbaiki masalah ini.

Kenapa Sitemap Domain MY.ID Error?

Mengenai penjelasan mengenai sitemap yang error pada domain my.id sebenarnya sudah saya singgung diatas tadi bahwa ada yang mengatakan karena domain my.id telah di anggap spam.

Sehingga karena banyaknya spam sitemap yang menggunakan domain my.id, maka hal ini mempengaruhi pengindeksan dan pengiriman sitemap untuk ekstensi domain ID tersebut ini.

Bagi kalian yang masih ingin bertahan pada domain my.id ini, saran dari saya teruslah untuk membuat konten yang berkualitas dan sebisa mungkin hindari aktivitas spam.

Kalian tidak usah sedih perihal error yang terjadi pada sitemap tersebut, karena sebagaimana kita ketahui tanpa kita menggunakan GSC pun, artikel kita akan tampil jika artikel yang kita tulis memang benar benar berkualitas.

Tanpa harus mengirim sitemap pun Google juga tetap bisa menemukan halaman-halaman di sebuah situs kita dan mengindeksnya secara berkala, asalkan di situs tersebut ada navigasi yang bagus.

Cara Mengatasi Error Sitemap Pada Domain MY.ID

Jika sitemap yang kalian miliki tetap tidak terbaca, maka kalian bisa melakukan submit URL artikel dan halaman blog secara manual ke Google Search Console untuk meminta pengindeksan.

Caranya adalah setelah kalian menerbitkan sebuah artikel, silakan salin link artikel tersebut dan kemudian menuju ke Google Search Console, lalu pada kolom Inspeksi URL paste link yang kalian salin tadi.

Sekian pembahasan kita kali ini mengenai Cara Mengatasi Error Sitemap Pada Domain MY.ID. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua.

Tinggalkan komentar