√ Cara Mengatasi Low Value Content AdSense [Panduan Terlengkap] - Musoffa Asad

Cara Mengatasi Low Value Content AdSense [Panduan Terlengkap]

Cara Mengatasi Low Value Content AdSense – Pernahkah kalian mendapat penolakan dari Google AdSense dengan alasan Low Value Content? Yups hal tersebut kini sering terjadi pada sebagian pengguna blogger yang ingin mendaftarkan blog nya ke Google AdSense.

Jika Low Value Content terjadi terhadap blog kalian, maka kalian tidak perlu khawatir, terutama jika kalian masih pemula di bidang blogging. Tapi jika blog kalian selalu mendapatkan pemberitahuan yang sama setiap pengajuan, maka kalian harus extra waspada nih.

Oleh karena itu, berangkat dari pengalaman pribadi mimin sebelumnya terkait low value content, maka mimin akan kasih tips nya nih. Tapi sebelum itu, kita pahami dulu yuk apa itu low value content.

Apa itu Low Value Content?

Low Value Content adalah salah satu kesalahan paling umum di Google Adsense dan itu bisa terjadi terhadap siapapun termasuk kamu. Secara sederhana Low Value Content adalah konten yang sedikit bahkan tidak bernilai bagi para pembaca.

Baca Juga: 10 Template Blogger Untuk AdSense Terbaik & High CTR

Low Value Content jika di bahasakan ke indonesia adalah konten yang berkualitas rendah. Apa maksud konten berkualitas rendah disini? Jawabannya adalah suatu kondisi dimana konten yang ada dalam website kita belum memenuhi syarat pedoman standar kualitas konten Google Adsense.

Konten Berkualitas Menurut Google Adsense

Jika kita ingin membahas standar kualitas konten menurut Google Adsense, maka pihak Adsense sebenarnya telah memberikan beberapa kriteria untuk mendefinisikan konten yang berkualitas sebagai berikut:

  1. Konten harus memberikan pengalaman yang berharga bagi pengunjung
  2. Situs bagus dengan sedikit halaman akan lebih efektif daripada situs besar namun dengan konten berkualitas rendah
  3. Pastikan ada cukup banyak artikel pada website kalian
  4. Konten harus original (asli) dan konten berkualitas tinggi
  5. Pastikan konten di situs kalian selalu diperbarui bahkan jikalau bisa, teruslah untuk membuat konten baru
  6. Pastikan tidak ada duplikat konten
  7. Hindari terlalu banyak link keluar

Dengan memenuhi standar konten berkualitas tinggi diatas, maka akan membantu pihak Google Adsense untuk menentukan tema dari sebuah website yang sedang dalam proses peninjauan.

Penyebab Low Value Content Google Adsense

Penyebab Low Value Content Google AdSense

Pada gambar diatas kalian akan melihat pemberitahuan dari google adsense yang mengatakan bahwa blog saya terkena dampak dari low value content, dan pihak google pun memberikan 4 referensi untuk saya baca. Diantaranya adalah:

  1. Persyaratan konten minimum
  2. Pastikan konten berkualitas tinggi
  3. Pedoman kualitas webmaster untuk konten berkualitas rendah
  4. Pedoman kualitas webmaster

Jika blog kalian ditolak google adsense karena alasan Low Value Content seperti padda gambar diatas, pasti ada penyebab menagapa google menolak permintaan kita,

Lalu apa sih penyebab dari low value content google adsense?

Berikut adalah beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab blog ditolak google adsense dengan alasan Low Value Content.

1. Artikel Masih Sedikit

Penyebab low value content yang pertama adalah artikel yang terdapat pada blog yang kita miliki masih terlalu sedikit. Banyaknya artikel pada sebuah blog akan mempengaruhi penilaian google terhadap suatu blog.

Apabila suatu blog hanya memiliki sedikit artikel (misalnya 5 artikel) google bisa saja menganggap bahwa blog tersebut masih dalam proses pembuatan sehingga belum dianggap layak untuk menayangkan iklan google adsense.

Jika berangkat dari pengalaman pribadi, mimin kalau mau daftar google adsense, setidaknya sudah ada 12 artikel yang sudah mimin publikasikan. Dan hal ini terbukti di beberapa blog yang mimin kelola alhamdulillah di approve.

2. Struktur Artikel Kurang Lengkap

Seperti yang kita bahas sebelumnya bahwa Google adsense hanya menampilkan iklan pada blog yang berkualitas. Jadi sebelum mengajukan untuk ditinjau, pastikan terlebih dahulu bahwa blog kalian sudah memiliki struktur artikel yang jelas dan lengkap serta memberikan informasi yang lengkap pada setiap artikelnya.

Artikel yang memiliki stuktur konten yang jelas dan lengkap tidak hanya berguna pihak google, melainkan juga berguna bagi para pembaca.

3. Belum Terdaftar di GSC

Sebagaimana kita ketahui bahwa Google search console adalah tool gratis yang sudah disediakan oleh google untuk mempermudah para pemilik blog dalam melalukan index google.

Jadi ketika artikel yang sudah kita buat sudah kita publikasikan, maka kita bisa mengirimkan nya kepada google search console untuk melakukan index sehingga artikel kita bisa ditemukan oleh banyak orang.

Jadi jika blog kalian belum terdaftar di google search console, maka sebaiknya, kalian daftar terlebih dahulu.

4. Minimnya Jumlah Pengunjung

Jumlah pengunjung juga bisa menjadi acuan oleh pihak google dalam menilai kualitas suatu blog. Minimnya jumlah pengunjung pasti dianggap sebagai blog yang tidak berkualitas. Ya secara kan jika pengunjung nya banyak, maka sudah pasti blog tersebut berkualitas.

5. Terindikasi Duplikat Konten

Sebagai blog yang berkualitas, tentu konten yang dihasilkan pun bukan hasil dari copy paste sana sini. Jika pun diperlukan untuk mengambil konten seseorang sebagai referensi, maka setidaknya cantumkan lah sumber sebagai rujukan.

Jika sampai suatu blog terindikasi duplikat konten oleh Google, maka besar kemungkinan google akan menolak pendaftaran AdSense kalian.

6. Topik Kurang Menarik

Topik pada suatu blog bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya low value content. Sebab pihak Google bisa mendeteksi durasi seberapa lama sih pengunjung ketika mampir di blog kalian.

Jika durasi nya sebentar, maka itu artinya pengunjung tidak tertarik pada topik yang sedang kalian bahas. Jadi usahakan untuk membahas suatu topik yang sedang trend dikalangan masyarakat.

7. Jarang Update

Jika memang blog kalian berkualitas, sudah tentu kalian selalu melakukan update pada setiap artikel, atau bahkan selalu update membuat artikel.

Sebab definisi blog yang sehat adalah yang selalu rajin update artikel. Jika kalian malas dalam menulis konten, maka sudah pasti akan dianggap blog yang sudah tidak diurus oleh google.

8. Umur Blog

Umur blog juga sangat berpengaruh saat proses pendaftaran google adsense. Umur blog yang masih tergolong baru pasti dianggap sebagai blog yang baru dibuat. Sehingga kemungkinan untuk diterima adsense tidak ada.

Cara Mengatasi Low Value Content AdSense

Cara mengatasi low value content pada Google AdSense kali ini saya tulis sesuai dengan pengalaman saya ketika ditolak oleh google adsense.

1. Konsisten Membuat Konten

Jika artikel yang sudah kalian publish masih terasa sedikit, maka perbanyak lah untuk menerbitkan artikel setiap harinya. Karena blog dengan jumlah artikel yang banyak, pasti akan dinilai baik oleh google, dan blog kita akan ditandai sebagai blog yang aktif.

2. Usahakan Konten Original

Selain banyaknya jumlah artikel, kualitas konten yang kita buat juga harus diperhatikan dengan baik. Hindari mengambil konten orang lain (copas). Jika memang harus mengambil konten orang lain sebagai referensi, maka usahakan jangan sampai sama. Tulislah ulang menggunakan bahasa kalian sendiri.

3. Buat Konten yang Menarik

Selain membuat konten yang original, buatlah konten yang menarik sehingga berbeda dengan blog kompetitor kalian. Konten yang menarik lebih digemari para pembaca. Buatlah beberapa artikel yang menarik dan yang sedang trend saat ini.

4. Buatlah Konten 1000 Kata

Sesuai pengalaman mimin, artikel dengan jumlah minimal 1000 kata biasanya lebih cepat approve. Jadi cobalah untuk membuat beberapa artikel minimal 1000 kata, untuk menghindari terjadinya low value content.

5. Baca Kebijakan AdSense

Sudah selayaknya bagi kita yang ingin mendaftarkan blognya ke google adsense, maka perhatikan tentang kebijakan mereka. Hindari membuat konten yang melanggar ketentuan Adsense.

Jika ditemukan artikel yang melanggar ketentuan dan kebijakan mereka, maka sebaiknya artikel tersebut segera dicopot dan di deindex saja dari mesin penelusuran.

6. Berdoa

Sudah selayaknya bagi kita, ketika hendak melakukan sesuatu, maka awali lah dengan doa kepada Allah SWT guna memperlancar semua urusan kita. Percayalah doa bisa merubah segalanya

Kesimpulan

Itulah tadi cara untuk mengatasi Low Value Content Google Adsense. Cara diatas adalah cara yang mimin praktekkan saat blog ini terkena Low Value Content.

Memang sih problem semacam ini sering banget terjadi dan dialami oleh semua orang dan mayoritas penolakan Google Adsense adalah karena alasan Low Value Content.

Tinggalkan komentar